IRS Menjaga Momentum Menuju Puncak




IJL.Com- Persiapan Indonesia Rising Star (IRS) jelang laga putaran kedua babak play-off Plate Indonesia Junior League (IJL) U-11 sangat jauh dari kata maksimal. Namun, momentum untuk menuju puncak harus tetap terjaga. 

Putaran kedua babak play-off Plate IJL U-11 yang akan dihelat pada Minggu (26/9) bakal berlangsung sengit. 8 tiket fase perempatfinal siap diperebutkan habis-habisan di atas lapangan. 

Salah satunya oleh skuat IRS. Sayangnya, persiapan tim besutan Reno Wilanda tersebut sangat jauh dari kata maksimal. 

Minimnya durasi latihan jadi alasan paling utama. Reno mengakui tim asuhannya tidak terlalu dapat berbuat banyak selama menepi. 

"Persiapan kami bisa dibilang kurang maksimal dengan kondisi PPKM yang terus berkepanjangan. Karena kesehatan anak-anak menjadi yang utama sehingga barisan pemain tidak bisa berkumpul untuk berlatih bersama tim. Hanya bisa jaga kondisi di rumah masing-masing dengan lesson drill yang sama dengan program yang sudah tim pelatih susun," ungkap Reno. 



"Tidak banyak yang bisa kami lakukan. Semua dikembalikan ke orangtua jika masih khawatir dengan kondisi ya saya tidak bisa memaksakan anak-anak untuk jalani sesi latihan. Keterbatasan ini yang jadi PR utama tim," sambung pelatih jebolan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta tersebut. 



Reno juga menambahkan tak punya strategi khusus guna menutupi minimnya bahan persiapan. Ia justru "menantang" mental juara anak-anak asuhnya dari sebelum hingga peluit panjang dibunyikan. 

"Strategi khusus sebenarnya tidak ada, semua saya serahkan sepenuhnya kepada anak-anak. Yang saya tanamkan kepada mereka adalah tidak ada hasil yang membohongi proses, jadi jika memang mau berbuat banyak di babak selanjutnya harus ada kerja keras yang mereka lakukan ketika pertandingan nanti maupun latihan tambahan di rumah masing-masing," seru Reno. 





IRS sebenarnya membawa serenceng modal mentereng demi lolos ke babak 8 Besar Plate IJL U-11. Seperti diketahui, saat putaran pertama pada 13 Juni 2021 lalu, Gerard Anugrah Syamil dan kawan-kawan berhasil mengamankan 10 poin. 

Saat ini IRS ada di posisi juara grup B sebagai salah satu syarat lolos ke babak selanjutnya. Meski demikian, Reno paham tiket 8 Besar yang sudah terbayang tak mudah didapatkan seperti membalikkan tangan. Apalagi mengingat Cipondoh Putra dan Garuda Muda Billal yang akan dihadapi punya misi serupa. 

"Tiga laga di putaran pertama performa anak-anak menurut saya sangat bagus, hampir saja membawa pulang 12 poin sebagai angka sempurna. Mungkin hal positif itu yang akan dibawa sebagai penyemangat sampai nantinya ada di partai puncak," tegas Reno. 



"Terus berusaha supaya momentum menuju puncak tetap terjaga meski rasanya sulit. Namun sebagai pelatih pastinya harus memberikan kepercayaan kepada semua pemain. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus, tidak bisa dimiliki kedua kalinya, selangkah lagi bisa lanjut ke 8 besar dengan target bisa berlaga di partai puncak. Semoga saya pun bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak," tandas Reno seraya tersenyum. 

 



Berikut Jadwal Lengkap Putaran Kedua Babak Play-off Plate IJL U-11:

 




  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa