M Ridwan; Mimpi Anak Pesisir




IJL.Com- Sosok Rudi Susanto di balik juru kemudi Giras tidak lantas membuat Muhammad Ridwan dilabeli anak emas. Bawa mimpi dari pesisir Jakarta.

Giras FC jadi salah satu tim kuda hitam yang layak difavoritkan pada gelaran kompetisi Indonesia Junior League U-11 musim 2019. Berkaca dari tahun sebelumnya, wajar memang tim yang bermarkas di Koja, Jakarta Utara itu diramal bisa berbicara lebih banyak.

Materi pemain yang tidak jauh berbeda dibanding IJL 2018 membuat Giras selangkah lebih pede. Salah satu nama yang terus membetot perhatian adalah Muhammad Ridwan.

Ridwan sendiri adalah putra dari Rudi Susanto, manajer sekaligus salah satu pendiri Giras. Meski demikian jangan salah sangka, tidak ada sama sekali label anak emas untuk pemilik nomor punggung tujuh itu.

"Engga lah, semua siswa di Giras itu selalu dapat porsi yang sama. Tidak ada istilah anak emas disini," ujar Rudi.



"Justru dari hal tersebut Ridwan bisa belajar arti kedisplinan. Ia harus paham nilai disiplin adalah salah satu kunci keberhasilan," tegas Rudi.



Di bangku sekolah, Ridwan termasuk anak yang haus ilmu. Beberapa kali ia membawa harum nama SDN Tugu Utara 17. Siapa sangka dirinya juga mahir memainkan seni "band tepuk" alias marawis.

Usut punya usut, Ridwan ternyata juga mahir bermain badminton. Faktanya, olahraga tepok bulu sudah jadi generasi turun temurun yang mengalir dari keluarga besar.

"Kemarin dia baru saja juara tiga Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari cabang bulu tangkis," ungkap Rudi.



"Bulu tangkis memang sudah jadi olahraga turun temurun di keluarga kami. Dari kakek, ayah dan ibu semua atlet kampung deh ceritanya," tambah Rudi seraya tertawa lebar.





"Kalau ditanya siapa pebulu tangkis favorit Ridwan, ya jelas pasti ayahnya," tambah Rudi yang mengaku ngefans dengan Icuk Sugiarto.



Di skuat Giras, Ridwan lebih banyak beroperasi di sektor lini tengah. Namun soal urusan menggedor jala gawang lawan, dirinya terbilang sudah tidak canggung lagi. 

Laga kontra D'Joe FC pekan lalu jadi bukti paling sahih. Tidak hanya pembeda namun juga penentu. Ridwan, salah satu pemain dengan karakteristik stylish saat mengolah si kulit bundar.

"Sulit mengungkapkan dengan kata-kata saat melihat Ridwan mencetak gol ke gawang lawan, tapi yang lebih penting ia bisa mengikuti instruksi pelatihnya saja sebenarnya sudah lebih dari cukup," ujar Rudi.



"Tapi sejujurnya saya lebih senang kalau Ridwan hadir sebagai pemberi assist, maklum dia kan jenderal lapangan tengah Giras," tambah Rudi tersenyum.





Mimpi besar anak pesisir. Ya, itu yang ingin Rudi jaga untuk sang buah hati. Tidak terhitung doa ia kirimkan saat Ridwan sedang berpeluh keringat di atas rumput hijau.

"Ridwan ingin seperti Cristiano Ronaldo, makanya ia pilih nomor punggung tujuh. Tapi saya juga punya mimpi ada pebulu tangkis yang membawa nama Indonesia lahir dari pesisir Jakarta," tutup Rudi.



  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa