Pelatih ASTAM Masih Irit Senyum




IJL.Com- Unggul dua gol tanpa balas atas Laskar Pelangi Soccer sama sekali belum membuat pelatih ASTAM, Sopian Hadi tersenyum lebar. Awas, turun mesin!

Sumbangan gol Alfin Alfareza dan Sava Fiprian jadi garansi tiket ASTAM ke babak perempatfinal IJL U-13. Tampil menguasai permainan sejak peluit kick-off dibunyikan, tim asal Tangerang Selatan itu sudah unggul cepat saat laga baru memasuki menit kedua.

Meski demikian, kemenangan ASTAM bukannya tanpa catatan besar. Secara garis permainan, sepak terjang Dzaky Fawwaz dan kawan-kawan belum bisa membuat sang pelatih, Sopian Hadi tersenyum lebar.

Suara teriakan nyaring Sopian yang membelah penjuru lapangan Nirwana Park Sawangan jadi bukti awal betapa "galau" il allenatore saat melihat performa anak-anak asuhnya. Tidak heran, sepanjang 2x25 menit jarang sekali seorang Sopian duduk diam di bench.

Walau terus mengurung pertahanan Laskar Pelangi, ASTAM justru sempat didikte oleh tim lawan. Manuver-manuver tajam yang biasanya kerap diperagakan armada Tangerang Selatan mandek di tengah jalan.

Dzaky dan kawan-kawan sempat dibuat kagok pula oleh skema counter-attack Laskar Pelangi. Tak jarang pula kepanikan tergambar di wajah penghuni sektor lini belakang meski pada akhirnya mampu dinetralisir dengan baik oleh Muhamma Raditya Ramadhan.



Pada satu momen, Sopian bahkan menarik sang striker Reza Wahyu Hidayat dan memberi kesempatan bek sayap, Daffa Daud untuk mengisi pos sektor lini depan. Ia nampak begitu menyadari anak-anak asuhnya hampir saja turun mesin.



Hasilnya, Sava sukses memperkukuh keunggulan ASTAM tepat satu menit jelang laga bubar. Lega, Sopian bernafas lega meski tidak bisa terlalu lama.

"Ada sedikit perubahan formasi sebenarnya dimana kali ini ASTAM bermain dengan dua gelandang bertahan, tugas-tugas yang diberikan masih belum bisa dicerna dengan baik," ujar Sopian.



"Kami terlalu banyak bermain ke dalam, alhasil jembatan lini tengah dan depan terlalu padat. Padahal ASTAM punya karakteristik bermain memanfaatkan lebar lapangan, gol Reza dan Sava jadi buah manisnya. Jujur saya masih belum puas, cukup tujuh saja nilainya," tambah eks kiper Persija Jakarta yang pernah membawa Macan Kemayoran menjadi juara Liga Indonesia 2001 itu.





Di babak perempatfinal ASTAM akan bersua sesama wakil Tangerang Selatan, Serpong Jaya. Sayangnya salah satu pemain mereka yakni Ridho Anggun Sekartaji terpaksa absen karena mengantongi dua kartu kuning di laga kontra Laskar Pelangi kemarin.

"Tidak masalah, ada pemain yang siap menggantikan Ridho," tegas Sopian.



  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa