Rifan Luthfi: Pembawa Obor Surya Bakti Cilegon




IJL.Com- Sisi pendiam Rifan Luthfi di luar lapangan berbanding terbalik dengan aksinya saat mengolah si kulit bundar. Tambah pundi-pundi gol? Wani!

Masa jeda kompetisi Indonesia Junior League yang sudah berjalan selama dua bulan tidak membuat anak-anak Surya Bakti Cilegon U-11 bermalas-malasan. Menempa diri lewat proses latihan jadi pegangan tim Muhammad Ilham Aditya Putra sebelum kembali turun gelanggang pada Minggu (21/2) mendatang.

Menjaga kestabilan stamina dan teknik bermain jadi fokus Ilham dan anak-anak asuhnya. Tidak lupa protokol kesehatan terus digalakkan mengingat pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda.

Surya Bakti saat ini masih terjebak di peringkat ke-16 tabel klasemen sementara Grup A Phenomenon. Dari 11 laga, baru 19 poin mereka kantongi. 

Meski demikian hal tersebut tidak membuat Ilham ambil pusing. Menurutnya, lambat laun skuat Surya Bakti sudah mampu beradaptasi dengan sengat terik aura kompetisi IJL U-11.

"Pastinya ada progress. Pertama mengenai mental bertanding anak-anak yang makin bertambah dan lebih percaya diri lagi di atas lapangan. Lalu kedua dari segi stamina serta kualitas permainan dimana ada peningkatan meski harus diakui masih harus banyak dibenahi lagi," ujar Ilham.



Gambaran itu tertuang dalam wajah salah satu penggawa Surya Bakti, Rifan Luthfi Irdiyanto. Diam-diam menghanyutkan ada talenta emas tersembunyi dari gelandang serang dengan gaya rambut stylish ala David Beckham tersebut.

Kerap meluncurkan aksi coming from behind dari lini kedua, Rifan terhitung sangat rajin membunyikan alarm kencang di benteng pertahanan lawan. Ngeyel dan ngotot, amat menjanjikan dari segi intuisi gol. Bukan hanya sekadar pembeda namun juga penentu.

"Dia memiliki kecepatan, penguasaan bola, dan memiliki kekuatan saat shooting serta freekick. Naluri sebenarnya memang striker tapi kami sedang mengubah posisinya saat ini," ujar Ilham.





"Di luar lapangan ia bisa dibilang pendiam dan rendah hati, berbanding terbalik saat sudah sampai di medan laga dimana Rifan selalu menunjukkan kemampuan optimal demi meraih poin demi poin," ujar Ilham.



Luthfi tak ubahnya pembawa obor yang akan membawa Surya Bakti keluar dari lorong gelap guna memperbaiki nasib di tabel klasemen. Bukti konkret, sudah ada tiga gol dibukukan pemain kelahiran Serang, 7 Mei 2009 itu.

Terakhir jala gawang Indonesia Muda Utara dirobek oleh Rifan. Ilham sendiri berani meramal pundi-pundi gol sang anak asuh akan makin bertambah seiring sengitnya gelaran kompetisi IJL U-11.

"Justru semakin kerasnya atmosfer kompetisi saya harap bisa menempa talenta dari Rifan. Ia juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk rekan-rekan setimnya," ujar Ilham.



"Insya Allah mulai pekan besok sampai IJL usai ia bisa bawa pulang ya setidaknya total 10 gol," tandas Ilham seraya tersenyum lebar.



  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa