Valerian Faqih Dilia: Bukan Anggota NATO

 


IJL.Com- Sebagai seorang penjaga gawang, Valerian Faqih Dilia paham betul tugasnya bukan hanya menjinakkan si kulit bundar. Ogah NATO (No Action, Talks Only).

BMIFA kembali memetik poin sempurna dalam lanjutan laga pekan kelima Indonesia Junior League (IJL) U-13 Grup B, Sabtu (10/12). Berhadapan dengan Prima Soccer School, dua gol Sultan Restu Alamsyah jadi penentu di atas lapangan.

Faktor kokohnya sistem koordinasi benteng pertahanan juga jadi kunci kemenangan BMIFA untuk meredam serangan sporadis Prima. Menoleh ke bawah mistar gawang, ada Valerian Faqih Dilia yang bermain tanpa celah saat menjinakkan si kulit bundar.

Ditemui seusai pertandingan, Vale nampak bersyukur bisa membawa pulang catatan clean sheet. Senyum makin komplet saat ia melihat kedua orangtuanya hadir langsung di pinggir lapangan.

"Alhamdulilah, puas dan bersyukur. Semangatnya memang sangat berlipat hari ini karena ayah dan mama ikut nonton, biasanya hanya mama yang nemenin. Sekarang komplet jadi tambah senyumnya," ujar Vale.



"Kemenangan ini untuk kedua orangtua saya. Oh iya untuk Muhammad Razka juga yang tadi harus keluar lapangan karena cedera. Semoga Razka bisa cepat sembuh dan kembali bermain. Yang penting tetap semangat dan yakin bisa cepat bangkit lagi," sambung Vale.



Vale sendiri menggantungkan mimpinya dari bawah mistar gawang sejak 2017. Sebelumnya pos striker terlebih dahulu ia lakoni.

Mengidolakan Iker Casillas, Vale nampak sudah mantap menjadi garda terakhir. Kepiawaiannya sebagai sweeper keeper pun menyimpan potensi tersendiri.

Jangan heran kalau melihat Vale begitu berani keluar dari sarangnya. Kerapkali momentum serangan tim lawan terputus dibuatnya.

Satu lagi, Vale termasuk kiper yang "cerewet" alias begitu vokal mengatur koordinasi untuk rekan-rekan setimnya di lini belakang. Ya, bukan anggota NATO (No Action, Talks Only).

"Sekarang kiper semakin modern, harus berani atur serangan dari lini bawah juga. Intinya berani ambil keputusan dan yakin, jangan nanggung," tegas Vale.





"Pelatih selalu berpesan, sedikit bicara banyak kerja tapi sebagai kiper harus rajin berkomunikasi. Semua pembuktiannya ada di atas lapangan. Kerja saja semaksimal mungkin," tandas Vale.



Sejauh ini dari lima laga, empat gol sudah bersarang di gawang Vale. Tiga pertandingan ditutup dengan catatan clean sheet.



  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa