Diselipi Kata-kata Mutiara, GRTS Tepis Anggapan Asril-sentris

by admin on 1 week ago


IJL.Com- Kontribusi Asril Marzuki di skuat GRT Sitanala U-9 sudah tidak bisa diragukan lagi. Meski demikian, anggapan Asril-sentris tidak sepenuhnya benar.

GRTS tergabung di Grup B pada babak fase champions 16 Besar IJL U-9 bersama Kembangan 8, Maesa Cijantung dan Sparta. Dibanding ketiga lawannya tersebut, tim dengan jersey kebanggaan berwarna hijau itu punya modal mentereng lewat catatan status runner-up Grup Sensation.

Meski demikian, tim asuhan Bachtiar El Hamzah enggan lupa daratan. Mereka menyadari fase champions 16 Besar punya titik panas yang jauh lebih berbeda.

"Anak-anak saya lihat memang agak sedikit nervous, maklum pertandingan yang akan dihadapi Minggu besok punya atmosfer jauh lebih besar," ujarnya.

"Tapi dengan rasa gugup itu membuat saya semakin intens memberikan mereka siraman motivasi. Optimis dan harus tetap optimis," tegas Bachtiar.

Bachtiar memang sadar tugas dirinya bukan hanya sekadar meramu taktik dari pinggir lapangan. Lebih daripada itu, di level sepak bola usia dini ia harus lebih jeli tenggelam dalam psikologis anak-anak asuhnya.

"Ada beberapa kata-kata mutiara saya kirimkan salah satunya berbunyi bahwa seorang pemenang adalah mereka yang sebelum bertanding sudah mengetahui kalau dirinya akan keluar dengan kepala tegak," ujar Bachtiar.

"Saya sendiri tidak terlalu memusingkan kekuatan lawan yang akan dihadapi. Fokus ke tim sendiri akan jauh lebih baik," tambahnya.

Sama seperti di babak penyisihan grup, Asril Marzuki akan jadi senjata utama GRTS. Sepak terjang pemain bernomor punggung 10 itu memang kerap membuat jantung bek dan kiper lawan berdegup lebih kencang.

Tercatat sudah ada 17 gol disumbangkan oleh Asril. Praktis namanya jadi calon terkuat peraih gelar sepatu emas, lambang supremasi raja gol.

Bisa dibilang, Asril jadi pemain yang tidak tergantikan di skuat GRTS selama kompetisi IJL U-9 berlangsung. Dari menit bermain selama 16 laga , pemain berdarah Batak tersebut punya jam terbang lebih tinggi di atas rekan-rekan setimnya.

"Kita semua tahu siapa Asril, semua mata akan tertuju pada Asril. Bagi kami dia ibarat sebuah mesin," tegas Bachtiar.

"Tapi kami tidak begitu saja bergantung pada Asril, rotasi pemain tetap jadi kunci utama," tandas sang pelatih.

Salah satu pemain disebut-sebut punya peran tidak kalah mewah dibanding Asril. Tak lain tak bukan dia adalah Fathur Rabbani yang pelan-pelan mulai getol mencatatkan namanya di papan skor.


Jadwal Fase Champions 16 Besar IJL U-9



* Regulasi Fase Champions 16 Besar:


  1. Setiap Pertandingan Berjalan 2x15 Menit


  2. Supersub Terjadi di Menit ke-10 Babak Pertama


  3. Membawa Pemain 14+ untuk Mendapat Bonus 1 Poin Tetap Berlaku


  4. Hanya Ada Satu Tim yang Berhak Lolos ke Fase Semifinal

  • Tags