Dua Pemain Jebolan IJL Elite Dipanggil TC Timnas Indonesia U-16




IJL.Com- Muhammad Rafly Ikram Selang (Cipta Cendikia FA) dan Muhammad Tezar Briantama (ASIOP) masuk dalam daftar 30 nama pemain Timnas Indonesia U-16 yang akan menjalani pemusatan latihan (TC). Aroma IJL Elite mulai meramaikan kawah candradimuka skuat Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti akan kembali menggelar TC mulai Minggu (9/8) hingga 30 Agustus 2020 di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi. Dari 30 nama yang dipanggil untuk turut serta, 12 diantaranya adalah wajah baru.

"Ya, kami akan menjalani program pemusatan latihan lanjutan dari tanggal 9 Agustus 2020 hingga tanggal 30 Agustus 2020. Para pemain mulai dikumpulkan dari tanggal 9, dan kemungkinan kami akan menjalani latihan, satu hari setelahnya. Seperti biasa juga, seperti sebelumnya, kami lebih dahulu menjalani berbagai test (rapid dan swab) sebagai bagian dari protokol kesehatan yang disiapkan oleh PSSI untuk kami (pemain dan ofisial)," tutur Bima Sakti seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Harapan saya, semoga di pemusatan latihan selanjutnya, kami bisa lebih optimal dan saya ingin meningkatkan intensitas latihan yang lebih tinggi lagi, supaya persiapan kami cukup untuk menghadapi turnamen-turnamen mendatang," sambung Bima lagi.



Dua dari wajah baru tersebut adalah Muhammad Rafly Ikram Selang (Cipta Cendikia FA) dan Muhammad Tezar Briantama (ASIOP). Nama yang sudah tidak terdengar asing saat berkompetisi di kancah Indonesia Junior League (IJL) U-13 musim 2018/2019.

Seperti diketahui, Selang dikenal sebagai game-maker flamboyan yang begitu lihai merancang ritme permainan dengan tingkat intelegensi tinggi. Etos kerja cerdas tergambar jelas lewat karakteristiknya di atas lapangan. Pemain berdarah Ternate, Maluku Utara berlabel pemain terbaik edisi perdana IJL U-13.



Sementara Tezar, palang pintu elegan yang juga handal melakoni peran sebagai gelandang jangkar. Satu lagi, siswa SMAN 44 ini sangat akrab dengan ban kapten yang melingkar di lengan. Kepemimpinannya di dalam juga luar lapangan kerap membuat rekan-rekan setimnya jatuh hati.



Keduanya masuk dalam gerbong pemain IJL Elite yang 2019 lalu sukses menggondol gelar juara Malaysia Borneo Football Cup U-14. Di final kala itu, anak-anak besutan Mulyadi Madrizal menyudahi perlawanan wakil Filipina, Makati FC dengan skor 1-0.

Masuknya nama Selang dan Tezar bak simbol sumbangsih IJL Elite untuk masa depan sepak bola Indonesia. Ini juga ibarat energi baru bagi IJL yang masih menunggu peluit kick-off musim 2020 dibunyikan.

"Saya bangga melihat kiprah Selang dan Tezar, semoga mereka bisa maksimal dan menunjukan kemampuan terbaik di depan Bima Sakti," ujar CEO IJL, Rezza Lubis.



"Perjalanan jelas masih sangat panjang, tunjukkan mimpi dari jersey IJL Elite hingga bisa mengenakan lambang Garuda di Dada benar-benar jadi kenyataan," tegas Rezza.



Setali tiga uang, Eko Harsito, ayahanda dari Tezar berharap putra kebanggannya tidak lantas menjadi lupa daratan. Tetap membumi adalah kunci jika ingin terbang lebih tinggi.

"Sebagai orangtua pasti bangga ketika anaknya masuk dalam jajaran calon pemain Timnas Indonesia U-16, tapi saya selalu tekankan bahwa ini hanyalah awal proses yang masih panjang dan tanpa ridho-Nya ini tidak akan terjadi," terang Eko saat dihubungi IJL News.

"Tetap anggap sebagai latihan biasa, semangat, keluarkan kemampuan dan anggap rekan-rekan di TC itu semua teman bukan pesaing tapi tandem jadi tidak terbebani dengan kata seleksi," tutup Eko seraya tersenyum.



Timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-16  pada 25 November hingga 12 Desember 2020 yang berlangsung di Bahrain. Garuda Muda tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina.




Daftar Nama 30 Pemain Untuk TC Timnas U-16:


1. I MADE PUTRA KAICEN - BALI UNITED

2. KADEK AREL PRIYATNA - BALI UNITED

3. MOCHAMMAD ADITYA RANGGA SAPUTRA - PERSEBAYA SURABAYA

4. MARCELL JANUAR PUTRA - BALI UNITED

5. MIKAEL ALFREDO TATA - PERSIPURA

6. ALEXANDRO FELIX KAMURU - BARITO PUTERA

7. FERRE MURARRI - BHAYANGKARA FC

8. MUHAMMAD FAQIH MAULANA - BHAYANGKARA FC

9. ADITYA DAFFA AL HAQI - BARITO PUTERA

10. DIMAS JULIONO PAMUNGKAS - PERSIB BANDUNG

11. RESA ADITYA NUGRAHA - PERSIJA JAKARTA

12. MOCHAMMAD FAIZAL SYAIFULLAH - PERSELA LAMONGAN

13. RAKA CAHYANA RIZKY - PERSIJA JAKARTA

14. MARSELINO FERDINAN - PERSEBAYA SURABAYA

15. DIANDRA DIAZ DEWARI - PERSIB BANDUNG

16. AHMAD ATHALLAH ARAIHAN - SKO RAGUNAN

17. VITO RAMADYZKY - PERSIKABO

18. MUHAMMAD VALERON - PERSIB BANDUNG




Pemain Baru:

19. DIO RIZKY SAPUTRA - BHAYANGKARA FC

20. MUHAMMAD TEZAR BRIANTAMA - SSB ASIOP JAKARTA

21. RIDHO ADI NUGRAHA - SSB CIPTA CENDIKIA BOGOR

22. RAFLY IKRAM SELANG - SSB CIPTA CENDIKIA BOGOR

23. TIRIEC ADRIANO MANURI JR - WANAAL BINTUKA FC

24. BANI SATRIANI NURDIN - SSB POR UNI BANDUNG

25. RIDWAN FIRDIAN RAHMATULLAH - SSB INDONESIA MUDA

26. M. AQIL NAUFAL - JONG ACEH

27. I KOMANG BARCA ABHIRAKSITA - PARADISE FOOTBALL ACADEMY

28. MUHAMMAD RAUFA AGHASTYA - SSB POR UNI BANDUNG

29. SANDI JOAN PERMANA - SSB ELANG TIMUR SEMARANG

30. DAFFA KURNIA HAMDI


  • Tags