Salfas Soccer Tak Kurang Obat Pede Menatap Babak Plate




IJL.Com- Persiapan Salfas Soccer untuk menatap babak Plate Indonesia Junior League U-11 ternyata tidak main-main. Sudah pede betul, makin gatal bertemu lawan-lawan baru. 

Meski gagal menjaga tradisi untuk lolos ke babak Champions, persiapan Salfas untuk menyongsong babak Plate tidak kenal kata main-main. Persiapan Juan Muhammad Nasri dan kawan-kawan terus digenjot pasca libur Idul Fitri usai. 

Sang pelatih, Yusep Sopian memang tidak ingin anak-anak asuhnya jadi turun mesin setelah lama menepi. Apalagi beberapa pekan terakhir di babak penyisihan grup, performa Salfas bisa dibilang sudah makin nyetel. 

Ya, jika di awal kompetisi Salfas masih terlihat malu-malu, tidak demikian dengan sekarang. Frekuensi dari sektor bawah mistar gawang, benteng pertahanan, dinamo lini tengah sampai peluru lini depan tak segan memangsa korban. 

Otomatis, babak Plate sejatinya adalah ujian kedua untuk Salfas menerjang derasnya kompetisi. Rasa pede yang mulai muncul ke permukaan, terlalu sayang untuk dilewatkan. 

"Kami sudah menggelar tujuh kali pertemuan sebagai modal bertarung di babak Plate, terakhir pada Jum'at esok. Alhamdulillah, meski menurut saya persiapan terhitung mepet namun anak-anak tetap memaksimalkan waktu untuk latihan bersama. Terpenting, begitu sampai di atas lapangan kondisi terjaga dan bisa berperan baik di posisinya masing-masing," ujar Yusep. 



"Sebagai pelatih, saya juga sudah mulai pede melihat bentuk permainan anak-anak. Tidak kalah penting memang yang namanya progres selama babak penyisihan grup. Mudah-mudahan itu bisa menjadi tambahan modal berharga," sambung Yusep. 




Yusep sendiri tidak "alergi" menatap peta persaingan babak Plate yang musim ini bisa dibilang jauh lebih panas dibandingkan edisi-edisi sebelumnya. Menurutnya, sistem kompetisi yang diramu IJL membuat anak-anak asuhnya lebih punya banyak kesempatan untuk mencuri ilmu baru. 

Apalagi babak Plate musim ini juga dibagi menjadi dua putaran yaitu pada 13 Juni 2021 dan 4 Juli 2021 sebagai siasat menghindari penumpukan jadwal. Jelas, harus banyak perhitungan matang masuk dalam kantong Yusep termasuk menjaga mood bertanding agar anak-anak asuhnya tidak banyak kehilangan poin krusial. 

"Ini tantangan tersendiri bagi saya sebagai pelatih bagaimana cara melihat tim-tim lawan yang hadir dari grup sebelah saat babak penyisihan grup kemarin," ujar Yusep. 



"Peta persaingan pasti akan semakin jauh lebih seru dibanding penyisihan grup karena tim-tim yang bertemu sudah dibagi sesuai peringkat. Siapa cepat dia yang dapat sekarang, maksud saya dengan menerapkan strategi yang baik maka akan berbuah hasil," tandas Yusep. 





Berikut Bagan & Jadwal Plate IJL U-11:





  • Tags