Andika Rafa Alfarizi: Ikuti Panggilan Hati

 


IJL.Com- Andika Rafa Alfarizi memang tidak bisa jauh-jauh berdiri dari bawah mistar gawang. Ikuti panggilan hati untuk pulang ke "rumah".

Akademi Persib Bogor kembali ke trek positif. Pada laga pekan kedelapan Indonesia Junior League (IJL) U-13 Grup A, Minggu (26/2), tim besutan Anugrah Junnedy Yahya tersebut mampu menumbangkan Bintang Kota lewat skor meyakinkan, 3-0.

Dari laga tersebut, yang menarik adalah kembalinya Andika Rafa Alfarizi di bawah mistar gawang Akademi Persib Bogor. Seperti diketahui, pada laga-laga sebelumnya ia sempat menikmati peran sebagai seorang bek.

Memang sejak naik panggung di kompetisi IJL pada musim 2019, Rafa lebih banyak dikenal sebagai seorang penjaga gawang. Sempat jauh dari "rumah", panggilan hati tak kuasa ditolak.

Tercatat ada tiga penyelamatan krusial dibukukan Rafa yang memaksa pemain Bintang Kota gigit jari. Mentalnya sebagai garda terakhir patut diberi acungan dua jempol menangkal rongrongan serangan sporadis tim lawan.

Ditemui seusai pertandingan, wajah semringah tak bisa ditutupi Rafa. Dari balik sikapnya yang sangat kalem, terlihat jelas ada rasa lega terucap.

"Rasanya deg-degan luar biasa, ditambah rasa panik juga. Saya hanya bisa ucap bismillah. Mama juga nonton langsung yang jadi dorongan semangat," ungkap Rafa.



"Ayah juga sempat kasih nasehat supaya saya kembali lagi ke posisi penjaga gawang. Pelatih di Akademi Persib pusat juga mengatakan hal sama, lebih baik jadi kiper. Itu juga yang membuat saya makin pede, "sambung Rafa seraya tersenyum.



Ya, bisa dibilang Rafa kini seperti hidup kembali. Namun ia mengaku saat melakoni peran sebagai seorang bek, ada banyak ilmu juga diserap.

"Oh iya pasti ada pengalaman baru saat tiga bulan bkemarin jadi bek. Saya jadi tahu apa yang kiper mau saat atur organisasi pertahanan," seru Rafa.



"Sama saya harus perbaiki komunikasi lagi sebagai seorang kiper. Karena itu sangat diperlukan bagi teman-teman bek di lini belakang," sambung Rafa.



Tak ayal, pertandingan berikutnya Rafa sudah siap untuk kembali menjaga "rumah" kebanggaannya. Bersama Muhammad Dimas Pratama, ada misi untuk membawa Akademi Persib Bogor lolos ke fase knockout 16 Besar.

"Siap, sudah makin siap berdiri lagi di bawah mistar gawang. Saya siap menemani Dimas supaya dia tidak sendirian lagi," tandas Rafa seraya tersenyum.




  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa