Uji Mental di Laga Brazilian vs ASTAM




IJL.Com- Pelatih Brazilian Soccer School, Tycho Timmerman sudah membayangkan betapa sengitnya laga kontra ASTAM. Fokus satu titik, ini soal adu mental.

Duel sengit di pembuka awal tahun akan menghentak Stadion Mini Cisauk pada Minggu (6/1). Pekan ke-10 IJL Mayapada U-13 Grup Sensation bertaburan laga big-match salah satunya pertemuan Brazilian Soccer School vs ASTAM.

Brazilian sendiri tak mau ambil pusing soal persiapan tim jelang laga melawan ASTAM. Walaupun demikian, sang pelatih Tycho Timmerman mengakui kondisi anak asuhnya agak sedikit turun pasca menjalani libur tahun baru.

"Buat kami tidak ada persiapan khusus, latihan rutin saja seperti biasa. Kondisi anak-anak mungkin agak sedikit turun karena kemarin baru libur tahun baru, ya sebagai antisipasi nanti saya koordinasi dengan orangtuanya masing-masing terlebih dahulu," ujar Tycho.



Tycho juga tak mau banyak sesumbar perihal strategi yang ia terapkan kala jumpa ASTAM. Namun di satu sisi ia menyadari lawan yang akan dihadapi anak asuhnya bukan tim "kemarin sore".

ASTAM memang datang dengan modal tinggi jelang laga kontra Brazilian. Di pekan sebelumnya Ridho Anggun Sekartaji dan kawan-kawan sukses membekap Cipta Cendikia FA dengan skor tipis 1-0.



Tiap pekannya ASTAM juga selalu datang dengan formasi starting line-up berbeda-beda. Hal ini yang membuat gaya permainan anak-anak Tangerang Selatan masih sulit diraba.

Kembalinya sang kapten, M Dzaky Fawwaz setelah sempat absen pada dua laga juga kian menambah solid kekuatan ASTAM. Yang makin seru, di atas lapangan nanti pemain bernomor punggung empat itu akan meladeni kapasitas gelandang jangkar sekaligus konduktor orkestra Brazilian, Arjuna Satrio.

Pertemuan keduanya disebut-sebut akan pegang peranan penting sepanjang jalannya laga. Namun tidak menutup kemungkinan muncul nama kejutan sebagai penentu hasil akhir khususnya di menit-menit krusial.





"Kita lihat saja apa yang bisa kami lakukan di atas lapangan nanti. Yang saya yakini laga akan berjalan sangat menarik," ujar Tycho.

"ASTAM itu tim yang bagus khususnya di kategori U-13 ini. Kuncinya hanya fokus dan terus fokus, selebihnya soal adu mental," tegas Tycho.






Betul memang kuncinya adalah tidak minder saat berhadapan dengan tim seperti ASTAM. Brazilian sendiri tentunya juga punya target menjaga rekor clean-sheet sekaligus merawat catatan tiga laga minim kekalahan. Seberapa kuat serdadu cilik besutan Tycho menebar aroma goyang samba di atas lapangan nanti, kembali mental yang akan berbicara.

"Ya seperti yang saya bilang tadi ini soal adu mental. Alhamdulillah, progres anak-anak Brazilian bicara mentalitas bertanding dari laga ke laga di IJL makin terasa. Ingat, proses tidak akan pernah mengkhianati hasil," tutup pelatih berlisensi C AFC itu seraya tersenyum.




  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa