ASTAM No Joker No Problem




IJL.Com- Tanpa diperkuat pemain dengan label "joker" tidak membuat ASTAM galau. Kemenangan dramatis saat laga kontra B24HABS adalah pembuktian.

Laga menarik tersaji pada pekan pertama IJL U-13 musim 2020 yang berlangsung di Lapangan Yon Arhanud 1 Kostrad, Sabtu (5/9). Dari Grup B, ASTAM meraih kemenangan dramatis saat jumpa B24HABS.

Gaya permainan menyerang nan menghibur yang diperagakan kedua tim berbuah lima gol. Sempat unggul hingga balik tertinggal, ASTAM akhirnya mampu pulang dengan kepala tegak lewat gol penentu dari kaki Mateo Alejandro.

Pelatih ASTAM, Deni Sasmita tak ragu angkat topi melihat perjuangan heroik anak- asuhnya. Meski demikian ia mengakui Royan Nadhif dan kawan-kawan sempat terjebak pusaran 'demam panggung'.

"Kalau rasa tegang sebagai pelatih pasti ada, tapi saya yakin dengan kemampuan anak-anak untuk bisa meraih hasil positif walaupun sempat tertinggal, karena secara permainan kami bisa menguasai semua lini," terang Deni.



"Mungkin karena pertandingan pertama, rasa gugup yang berlebihan membuat anak-anak bermain tegang dan cepat merasa lelah karena ada tekanan dari lawan maupun penonton," sambung Deni lagi.





Selebihnya yang harus digarisbawahi, ASTAM mampu mendulang poin penuh tanpa kehadiran pemain berlabel "joker" (kelahiran 2006). Deni mengatakan, keputusan tersebut diambil demi menempa sekaligus mengasah mental bertanding tim asuhannya baik saat dalam keadaan menekan ataupun tertekan.

"Memang untuk tahun ini kami berkomitmen akan bermain tanpa joker agar lebih memberikan kesempatan lebih besar untuk bermain dan menambah jam terbang kepada siswa 2007. Itu juga dilakukan atas dasar kesepakatan orangtua murid, bahwa ASTAM tujuannya adalah meningkatkan progress dalam bermain sepak bola, lebih paham secara konsep serta prinsip bermain," ungkap Deni.



"Sepak bola yang paling benar dan utama adalah harus siap menang dan siap kalah tidak hanya untuk pemain namun juga orangtua. Kemenangan kemarin adalah buah hasil kerja keras latihan anak-anak, saya tanamkan bahwa proses terjadinya gol harus diperoleh dengan cara elegan, lewat proses build-up bukan mengharapkan keberuntungan semata," tandas Deni seraya tersenyum.




  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa