Ilham Romadhona; Warisan Keluarga, Persija dan Gennaro Gattuso




IJL.Com- Darah sepak bola sudah mengalir dalam diri Ilham Romadhona Nirwan Achdiat, bek andalan CISS Soccer Skill U-11 di kompetisi IJL Mayapada 2018. Ingin lampaui prestasi sang ayah, paman dan kakeknya jadi misi besar yang diusung fans berat Gennaro Gattuso tersebut.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia khususnya publik Jawa Timur dan Jawa Barat, nama Egi Nirwan mungkin sudah tidak asing lagi. Dirinya sudah banyak malang melintang dengan berseragam Persela Lamongan, Persema Malang, PSMS Medan, Persikab Bandung, Persikabo Bogor sampai Pro Duta.

Egi Nirwan sendiri memang punya darah sepak bola yang teramat kental. Ayahnya, Yayat Achdiyat adalah eks penggawa Persib Bandung era 80-an dan sang adik yakni Sendy Pratama masih eksis berseragam Persela Lamongan setelah sebelumya bermain di Persik Kediri.

Tongkat estafet itu kini tengah diteruskan oleh Ilham Romadhona, putra Egi Nirwan. Perlahan, proses panjang sedang ditapaki bek bertubuh besar tersebut.

"Iya pengen sekali seperti ayah, kakek, dan om Sendy," ucap Ilham.







Meski demikian, Ilham sadar mimpi yang rajut itu tidak begitu mudah. Ada banyak jalan terjal harus dihadapinya.

Beruntung, Ilham punya dua orangtua yang sudah banyak makan asam garam di dunia olahraga. Seperti diketahui, ibunya yaitu Vivin Milawati adalah seorang mantan atlet bola voli professional dan kerap mewakili nama Jawa Barat.

"Ayah selalu ajarin kalau mau jadi pemain bola harus belajar disiplin. Sebelum pergi berangkat ke sekolah, sempatkan latihan dulu. Tidur juga ga boleh larut malam," tutur Ilham.





"Ayah sama kakek juga suka cerita kalau mau jadi pemain bola itu harus kerja keras, main di tim manapun harus kerja keras. Sampai sekarang foto mereka waktu masih jadi pemain bola masih disimpan, saya juga sering lihat biar jadi tambah semangat," tambah bocah berusia 10 tahun itu.



Semangat itu juga yang membuat Ilham ingin melampaui prestasi ayah, kakek bahkan pamannya. Dengan tegasnya, ia memimpikan bisa berseragam klub ibu kota Persija Jakarta suatu saat nanti.

"Ingin sekali membela Persija. Ayah ingin saya berseragam Macan Kemayoran," ucap bek kelahiran Bandung tersebut.


"Kebetulan, saya sangat mengidolakan om Sandi Darma Sute," tambahnya.



Bicara soal role model, Ilham memang terlihat sangat berbeda dibanding pemain-pemain seusianya. Jika banyak rekannya mengidolakan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi atau Neymar Junior maka eks pemain AC Milan yakni Gennaro Gattuso jadi pujaan seorang Ilham.

Ilham sendiri mengatakan punya alasan kuat menjadikan Gattuso sebagai role model. Karakter pemain berjuluk Rhino (Si Badak) yang kini menukangi AC Milan itu saat di atas lapangan jadi rujukannya.

"Ayah selalu bilang, kalau main bola harus mau bertarung, bekerja keras seperti Gattuso. Sandi Sute juga sama seperti itu," tandas Ilham.






  • Tags

Top Categories

Popular News

Pembagian Hadiah & Closing Indonesia Junior Angkasa